Tuesday 25 January 2011

Artikel: Catatan Singkat Tentang Indonesia

Tulisan ini gue bikin waktu kasusnya Bank Century dan Susno Duadji lagi panas-panasnya, dan tulisan ini gue bikin dengan dasar 'kegondokan' gue sama kasus-kasus itu yang kayaknya ga ada ujungnya dan ini sih sebenarnya sekedar subjektif gue aja, jadi gue mau minta maaf kalo tulisan ini menyinggung pihak-pihak tertentu. Tapi semoga tulisan bermanfaat! Enjoy!

Catatan Singkat Tentang Indonesia
Oleh: M. Raditio Jati Utomo

        Dewasa ini berbagai masalah mulai menghampiri Indonesia, politik, ekonomi, hukum, semua masalah tampak begitu rumit dalam pandangan saya. Saking rumitnya, saya pun jadi tidak mengerti, sebenarnya dimana akar masalah yang sedang dihadapi Indonesia. Namun, saya berusaha untuk menelisik dan merumuskan kembali, apa saja yang sedang bangsa kita hadapi saat ini. Dan saya dapat menyimpulkan bahwa ada suatu sistem jaringan konspirasi terselubung untuk menjatuhkan pemerintahan SBY, lebih jauh lagi: MEMECAH BELAH BANGSA INI. Sehingga kita semua terfokus untuk saling menyerang, menuduh, dan menjatuhkan satu sama lain, sehingga tanpa sadar kita akan melupakkan pucuk permasalahan yang ada, dan kemudian para dalang dibalik perpecahan bangsa kita akan mengambil keuntungan dari perpecahan tersebut. Sadarkah kita, selama ini para dalang tersebut telah membentuk dan menggiring pola pikir kita sebagai masyarakat awam untuk memuluskan jalan mereka untuk memecah bangsa ini. 
           

           Lalu bagaimana dengan masalah-masalah yang sedang hangat layaknya Skandal Bail Out Bank Century, Mafia Hukum dan masalah lainnya dibiarkan terus berlarut tanpa ada kepastian? Apakah termasuk hasil karya para dalang tersebut? Pendapat saya adalah YA! Lalu bagaimana seharusnya cara kita untuk menyikapinya? Mungkin memang mental masyarakat Indonesia yang mudah terpancing suasana atau apalah itu, sehingga kebanyakan dari kita, bila terjadi sedikit saja gesekkan dalam kemasyarakatan, maka hal yang pertama timbul adalah marah, benci, dan pikiran negatif lainnnya. Sehingga kita tidak dapat berpikir secara utuh dan jernih. Tapi bila kita mau sedikit saja untuk berpikir tenang dan berpikir rasional dalm menghadapi suatu masalah, maka kita akan bisa melihat masalah tersebut dari segala perspektif yang berbeda, dan kita akan mampu menganalisa dan menentukan, mana yang benar dan mana yang salah. Mungkin saya sedikit bersikap subjektif disini, saya menulis apa yang saya lihat, dengar, dan alami. Namun, pernahkah anda memikirkan tentang apa yang saya tuangkan dalam catatan singkat ini?

No comments:

Post a Comment

Thanks for stalking and commenting! :D

(I am really sorry for your inconvenience due to comments moderation. It is notable for me to deliver responses. Your understanding is really appreciated.)

"Ketika kamu mampu mencintai tanpa alasan, suatu saat nanti kamu pasti juga akan mampu meninggalkan tanpa alasan" "Bermain-mainlah dengan imajinasi, bermain-mainlah dengan mimpi" "Lebih baik diasingkan daripada harus menyerah pada kemunafikan" "Bermimpilah setinggi angkasa. Jika kau kelak jatuh, kau akan terbaring bersama bintang-bintang" "You have no rights to judge my way unless you've walked my path" "Aksi memang tidak selalu menjanjikan perubahan, tetapi tanpa aksi tidak akan pernah ada perubahan"