Saturday 9 February 2013

Mengelola Kastrat (Bagian 4: Menggerakkan Departemen)






Ahmad Rizky M. Umar
Pernah bergiat di Departemen Kajian Strategis BEM KM UGM 2008-2012





Bagi seorang mahasiswa yang aktif bergiat di Kastrat sejak awal, pasti akan merasakan 'tanggung jawab' untuk mengelola Kastrat pada saatnya tiba, baik sebagai Deputi atau justru Kepala Departemen Kastrat. Untuk mengemban amanah sebagai Kepala Departemen, seorang kader Kastrat tidak hanya dituntut untuk memiliki kompetensi membaca, menulis, dan berdiskusi. Ia juga harus mampu memimpin agar Departemen yang ia kemudikan tidak hilang arah. Maka dari itu, menjadi penting untuk mempelajari bagaimana mengorganisasikan Kastrat secara lebih profesional.


Pengorganisasian Kastrat memerlukan 'seni' yang perlu dipelajari. Ia tidak hanya mengemudikan Departemen dengan menggelar event-event tertentu (sehingga kadang disalahpahami bahwa Kastrat adalah EO), tetapi juga mesti mumpuni menggabungkan kompetensi yang dimiliki untuk membangun gerakan serta mengkader intelektual gerakan di organisasinya. Hal semacam ini yang sulit sekali dilakukan -termasuk oleh saya sendiri.

Tetapi, sebagai panduan, ada beberapa hal yang mungkin berguna untuk dipelajari bagi para calon pemimpin Kastrat di masa depan.

Bagaimana Sebaiknya Memimpin Kastrat?
  
Membagi Tugas Departemen

Mengkaji Isu
(1) Diskusi Internal
(2) Kunjungan Tokoh/Lembaga
(3) Membuat Analisis
(4) Penyikapan Kebijakan

Menggelar Diskusi Publik
(1) Merencanakan Diskusi
(2) Membuat Terms of Reference
(3) Mempersiapkan Setting
(4) Notulensi dan Hasil Diskusi

Membuat Media Propaganda
(1) Merencanakan Konten Media
(2) Membuat Tulisan
(3) Menerbitkan Media
  
Membangun Jejaring
(1) Mengenal Tokoh
(2) Mendokumentasikan Kontak
(3) Membuat Lapis Jejaring

Kaderisasi Kastrat
(1) Upgrading/Pelatihan
(2) Penugasan-Penugasan
(3) Pengkaryaan
(4) Memberikan Pengalaman

Kastrat dan Departemen Lain
(1) Kastrat dan Riset
(2) Kastrat dan PSDM/Kaderisasi
(3) Kastrat dan Humas
(4) Kastrat dan Aksi/Advokasi
(5) Kastrat dan Sosmas
(6) Kastrat dan Media

Mengambil Keputusan Strategis

'Bekal' bagi Pejuang Kastrat

No comments:

Post a Comment

Thanks for stalking and commenting! :D

(I am really sorry for your inconvenience due to comments moderation. It is notable for me to deliver responses. Your understanding is really appreciated.)

"Ketika kamu mampu mencintai tanpa alasan, suatu saat nanti kamu pasti juga akan mampu meninggalkan tanpa alasan" "Bermain-mainlah dengan imajinasi, bermain-mainlah dengan mimpi" "Lebih baik diasingkan daripada harus menyerah pada kemunafikan" "Bermimpilah setinggi angkasa. Jika kau kelak jatuh, kau akan terbaring bersama bintang-bintang" "You have no rights to judge my way unless you've walked my path" "Aksi memang tidak selalu menjanjikan perubahan, tetapi tanpa aksi tidak akan pernah ada perubahan"