Saturday 30 June 2012

Literally, Menuju Puncak...

The Mahameru

Assalamu'alaikum ikhwah fillah semuaaa!! Akhirnya berminat nulis lagi yah, hehe. Kenapa gue bilang berminat? Soalnya sebenernya gue banyak waktu luang, tapi emang guenya aja yang males nulis. Hohoho..

Okay, guys! Kali ini mau cerita tentang pendakian gue ke dataran tertinggi di Pulau Jawa, Puncak Mahameru, Gunung Semeru, Malang, Jawa Tengah.
Kisah ini berawal ketika berbulan-bulan yang lalu gue melihat salah seorang temen, Kusfiat Fitriani a.k.a. Pipit, ngebaca suatu buku yang covernya berwarna hitam legam dan cuma bertuliskan 5cm! Wow! Keliatannya kayak novel, emang novel sih. Zzzzzzz. -_-
Gue kira tuh itu novel horror gitu kan, soalnya covernya aja gitu. Haha. Ternyata eh ternyata setelah gue telisik #eaaa itu tuh novel adventure gitu tentang persahabatan. Selang waktu berjalan, *ditimpuk nokia* tuh novel nganggur di mejanya Pipit gue sikat aje kan baca-baca dikit, wah di halaman-halaman awalnya keren nih. Ada quotes-quotes tentang what dream is, and what people can do without dreams in their head, ada juga motivasi buat raid your dreams.

Singkat kata singkat cerita, gue pinjem deh tuh novel. Ternyata novel karya Donny Dhigantoro ini cukup asik ya, kocaknya pas, walaupun agak jadul buat anak 2000an, hahaha. Ada bumbu asmaranya pula, jadi agak gimanaaa gitu. Wkwkwkw. Garis besarnya, novel ini cerita tentang persahabatan, perjuangan akan mimpi, dan gimana lo bisa lakuin apa aja asalkan lo punya tekad.

Beberapa yang paling gue inget itu tentang si Ian, dia terkenal sebagai mahasiswa abadi yang ga lulus-lulus. Eh pada suatu saat hatinya tergerak kalo dia harus lulus. Sejak saat itu dia gigiiiiiih banget memperjuangkan kelulusannya. Nah yang bikin gue kagum tuh waktu dia berjuang buat nyelesein Skripsinya. Dia pernah diboongin, jadi dia nyebar kuesioner di sebuah perusahaan gitu, eh ternyata kuesionernya itu ga dibagiin cuma didiemin doank. Ckck. Terus orang yang katanya mau bagiin kuesionernya itu bilang ke resepsionisnya kalo dia lagi keluar kota, padahal gak! Gila ya ada orang kayak gitu. Dan hal ini kedengeran sama si Ian. Sabar ya, bro!
Terus yang keren tuh waktu Ian lagi istirahat di warung gitu, dia tiba-tiba ketemu sama orang yang kebetulan mau bantuin dia buat nyebarin kuesioner di kantornnya! What a miracle! Subhannallah.
Tapi alhamdulillah nya lagi si Ian didampingi sama dosen yang selalu setia setiap saat mendukung dia, kayak Rexona! #eh #abaikan Akhirnya Ian sukses Skripsi dan Sidangnya. Hehe. Congrats, masbro! :D

Kerennya tuh novel juga nyeritain How Great Mahameru Is! Gue jadi punya niat kalo someday gue harus nyampe puncak Mahameru. Gue sampaikanlah niat gue ini ke sohib gue yang untungnya udah biasa naik turun gunung, secara doi anak pecinta alam gitu kan, si Dariant. Pucuk dicinta ulam pun tiba. Ternyata ada lagi satu orang temen gue anak pecinta alam juga yang udah bikin rencana buat naik Semeru.

Blablablablaaaaaaaaaa, setelah melewati serangkaian ujian akhirnya kita ada waktu buat sejenak santai.
Ternyata si teman gue yang bikin travel plan itu, Revandi, sebelumnya udah ngajak beberapa temen juga, jadinya kita satu ronbongan tuh ber-8(Gue, Dariant, Revan, Perdi, Ayu, Wulan, Julisa, Irun).
Nah, buat menyempurnakan travel plan itu, kita sempet beberapa kali meeting, terutama gue, karena gue bener2 gapunya pengalaman soal naik-naik gunung.-_- Barang yang gue pake tuh boleh minjam, Carrier Bag+Sleeping Bag punya Dariant, Ponco+Raincoat punya Revan, dan itu barang-barangg yang krusial semua. Haha. Untung banget punya  temen-temen yang baik.

21 Juni
-Kita set schedule tanggal 21 Juni jalan dari Jakarta ke Malang, naik kereta Brantas sampe Kediri, abis itu naik kereta lokal sampe Malang. dari Jakarta jam 4 sore, nyampe Malang sekitar jam 1an siang.

22 Juni
-Dari Stasiun Malang Kota Baru kita langung nyari tiket balik ke Jakarta tanggal 26, ternyata yg ekonomi sold-out. Akhirnya gue, dariant, irun, beli yang bisnis harganya 175rb buat tanggal 26, karena kita bertiga emang masing-masing ada jadwal mendesak tanggal 28nya
-Abis itu kita charter angkot buat ke tempat jeepnya yang buat ke Ranupani, eh gataunya kita mau beli logistik dulu dan makan, trus mau bersih-bersih dulu di rumahnya Alumni 26, namanya Ridho panggilannya Edo anak Manajemen Unibraw Malang, ujung2nya nyampe rumah yang punya jeep itu jam 10 malem. Murah juga ya, setelah muter2 sampe malem, masing-masing cuma kena 25rb.
-Pas kita nyampe di tempat jeep itu kan jam 10 malem, kata Pak Laman(yang punya jeep) mendingan malemnya kita nginep dulu di rumah doi, trus paginya baru dianterin, soalnya percuma, pos dia ranupaninya juga pasti udah tutup.
-Abis kita rapihin barang-barang di rumahnnya Pak Laman, kita dianterin dia buat ngurus surat kesehatan di puskesmas dan ngurus admnistrasi pendakian di Pos TNBTS Pasar Tumpang. Dan nginep+servicenya itu semua ga diitung! Wow! Baik banget sih orang Malang. Biaya administrasi+medical check up+fotokopi ktp+tiket kamera kira-kira abis 20rban lah.
-Abis itu kita packing ulang barang-barang, soalnya ada tambahan logistik. And, istirahat! Soalnya perjalanan hari esok akan sangat menguras tenaga.

23 Juni
-Paginya sekitar jam 6, kita bangun, terus beres-beres deh tuh macem mandi, dll. Terus kita dianterin sarapan. Nah, di jalan ternyata ada pendaki lain yang bareng juga mau naik, namanya Mas Kadi, dari Solo, akhirnya beliau naik jeep bareng juga. Abis sarapan, kita lanjut langsung ke Ranupani. Kena biaya 30rb/orang dan dianterin kemana-mananya itu ga dikenain biaya alias FREE,
-Nyampe di Ranupani kita registrasi ulang, nah di depan pos nya itu ada Danau Pani, makanyanya namanya Ranupani, Ranu=Danau, cukup indah tuh danaunya. Abis itu kita langsung jalan menuju ke tempat istirahat kita yang pertama yaituuuu Ranu Kumbolo, seperti namanya itu tuh danau. Haha. And Mas Kadi ternyata milih jalan bareng kita, mungkin dia kasian ngeliat kita yang keliatannya masih awam soal gunung.
FYI! WAKTU ITU TERNYATA LAGI ADA SHOOTING FILM "5CM THE MOVIE"!
-Jalan dari Ranu Pani jam 1 atau stengah 2 siang, kita baru nyampe Ranu Kumbolo sekitar maghrib, dan karena saking pro nya si revan dia udah melesat nyampe pos Ranu Kumbolo yang kira-kira stengah jam dari kita bikin camp. Walhasil, malam itu kita terpisah dari Revan, malemnya gue sama Perdi mau nyari dia, tapi dengan pertimbangan takut nyasar dan dingin bangeeettttss gue minta balik aja. Hahaha. -_-

24 Juni
-Paginya, gue lupa jam berapa, gue sama Dariant jalan mencari jejak Revan, sambil foto-foto gitu. haha. Pagi disana keren deh, banyak bunga es gitu. Jadi ngerasa kayak bukan di Indonesia. Haha. Setelah 30-45menit jalan, kita ketemu Revan. Kita membawa dia balik bersama rombongan.
-Wakut udah gabung sama rombongan lagi, kita diskusi dulu, siapa yang mau lenjut sampe Mahameru, ternyata yang mau lanjut cuma 6(Gue, Dariant, Revan, Mas Kadi, Ayu, Julisa). Sekitar jam 9 pagi, kita ber-6 lanjut jalan. Nyampe di Pos Ranu Kumbolo, kita duduk bentar soalnya kan bawa carrier tuh, jadinya agak berat.
-Sekitar 5-10menit istirahat, abis itu kita lansung tancep gas di Tanjakan Cinta, kenapa namanya Tanjakan Cinta? Soalnya Tanjakannya ada di tengah-tengah bukit yang kalo diliat-liat tuh kayak bentuk hati gituuu. Unyuminyiulala banget kan? Hahaha. Nah Tanjakan Cinta tuh punya mitos yang udah lumayan terkenal di kalangan pendaki, kalo ada yang berhasil lewatin Tanjakan Cinta tanpa berenti atau nengok ke belakang sambil mikirin orang yang ditaksir, katanya orang yang ditaksir itu adalah jodohnya. Haha. Mitos yang cukup menarik sih buat gue. Gue agak curang nih waktu nyoba mitos ginian, jadi dari bawah gue mikirin si X eh pas gue ngerasa ga kuat, gue langsung berubah mikirin Y. Hahaha..
-Pas nyampe di atas, kita istirahat lagi 15menitan, soalnya tanjakannya tuh curam banget. Bener-bener nguras tenaga.
-Abis itu kita lanjut jalan ke Oro-Oro Ombo, semacem padang rumput yang ada padang lavendernya juga. Tracknya  datar dan agak panjang, jadinya cukup tidak melelahkan.
-Selesai dari Oro-Oro Ombo sebelum masuk Cemoro Kandang, kita istirahat lagi 5 menit buat minum dan ambil napas.
-Terus kita lanjut jalan ke Cemoro Kandang, nah tracknya mulai naik lagi nih banyak pohon mati yang malang melintang pula. Disinilah Julisa dan Ayu nyerah, mereka balik ke Ranu Kumbolo ditemenin Revan. Padahal kata pendaki-pendaki lain yang mau turun bentar lagi tuh udah turunan dan dataran. Gue agak menyayangkan sih. Tapi daripada terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yasudahlah.
-Abis itu bener, kita lewatin turunan, terus dataran gitu masuk hutan-hutan. Ketemu banyak pendaki lain yang lagi isitrahat dan porter-porter yang ngebawa kebutuhan shooting. Gue lupa estimasi waktunya, akhirnya kita nyampe Kalimati.
-Rencana awal kita tuh mau bikin camp di Arcopodo, tapi berhubung kehabisan air, kita berenti bentar buat ambil air di Sumbermani yang dari Kalimati sekitar paling cepet 30 menit bolak-balik. Gue jagain barang di Kalimati, Dariant sama Mas Kadi ambi air di Sumbermani.
-Karena udah mau gelap, dan setelah konsultasi sama pendaki-pendaki senior, akhirnya kita mutusin buat nge-camp di Kalimati, dan summit attack rame-rame dari Kalimaati jam 10 malam. Gue bagian logistik. Gue masak nasi tapi gagal, nasinya pletis-pletis belom mateng gitu, tapi bodoamatlah. Akhirnya gue bikin nasi goreng dan gaada yang makan. -_- Yasudahlah. Waktu itu ada pendaki solo(sendiri) yang dia emang gabawa tenda, jadi dia tidurnya numpang-numpang tenda pendaki lain. Namanya Mas Rizki, dari Surabaya, dia numpang di tenda kita.
-Jam 10, Mas Rizki bangun, dan gue ikut kebangun gara-gara dia bangun. Gue akhirnya siapin barang-barang gue duluan sebelum bangunin Mas Kadi sama Dariant, biar waktunya efektif. Abis gue selesai, gue langsung bangunin Dariant sama Mas Kadi abis itu gue nunggu di luar dan itu dingiiiiiiiiiiiinnnnnnnnnnnnnnn bangeeeeeeeeettttttttttttsssssssss. Gue pake baju 2 lapis, jaket 2 lapis, tambah raincoat di luar buat nangkal dingin.
-Sekitar 30 menit kita siap-siap, abis itu gabung sama rombongan. Abis doa bersama, kita langsung jalan. Mungkin karena kita jalan, jadinya efek dinginnya ga begitu terasa. Perjalanannya tuh kayak naik tangga yang anak tangganya tinggi-tinggi, bersyukur banget ga nge-camp di Arcopodo, yakali medan kayak gitu bawa-bawa carrier. -_-
-Lepas dari Arcopodo kita mulai nemuin medan yang sebenernya, medan berpasir yang licin dan gampang longsor. Gila, ini bener2 ngabisin tenaga. Gue nyampe Arcopodo itu jam 00.00.
-Dan gue baru sampe puncak jam 13.00. Sedangkan normalnya itu dari Arcopodo nyampe puncak itu 4 jam. Ckck. Emang dasar deh kalo soal skill gabisa boong. Gue sampe sempet tidur 3 kali di lereng gunungnya itu. Gue sempet frustrasi dan bener-bener mau nyerah aktu itu. Alhamdulillah ada Mas Kadi yang selalu nyemangatin gue dan selalu bilang "puncaknya udah deket". Bahkan gue sempet nangis. Tapi ga sampe sesenggukan kayak cewek batal nikah yak. -_-

25 Juni
-Sekitar jam 4-11 gue masih di lereng gunung, jadinya gue sempet liat sunrise.
-Sekitar jam 1 siang gue sama Dariant berhasil nyampe puncak dengan keadaan ga ada air minum. Akhirnya kita jadi peminta-minta air sama pendaki lain. Alhamdulillah, pendaki-pendaki itu baik banget. Mereka ga itung-itungan kalo soal tolong-menplong sesama pendaki.
-Setelah asik foto-foto dan istirahat, kita turun jam setengah 2an.
-Percaya ga percaya, turunnya cuma butuh 3jam-an sampe Kalimati. Kita nyampe Kalimati kira-kira jam setengah 5 sore.
-Setelah beresin barang dan tenda, menjelang maghrib kita turun ke Ranu Kumbolo, nyampe ranu Kumbolo sekitar jam 9 malam.
-Rencananya Dariant, kita langsung turun ke Ranu Pani malem itu juga, soalnya ngejar tiket kereta besok. Tapi gue gakuat, dan Revan bilang kasian si Irun juga kalo harus turun malem itu.
-Akhirnya kita buka camp lagi Ranu Kumbolo. Rencananya besok bangun agak pagi biar sempet ngejar kereta. Eh tapi ujung-ujungnya jalan jam 8 atau 9 juga.
-Nyampe pos Ranu Pani antara jam 1 atau 2, gue lupa. Makan+Istirahat+Foto-foto 1 jam. Abis itu langsung load barang ke jeep, dan on the way Pasar Tumpang.
-Sekitar 2 jam kita di jalan, abis itu kita fix gadapet kereta. Tadinya mau cancel tiket, eh gabisa juga.
-Kita dianter sampe Terminal Malang, kita ber4(Gue, Dariant, Mas Kadi, Irun) misah dari rombongan, kita naik bis sampe Surabaya.
-Yang paling brengsek itu waktu kita di Terminal Surabaya, calonya brengsek banget, Mas Kadi mati-matian belain kita, trus Mas Kadi ngebawa kita ke petugas eh si petugas itu malah ngebawa kita lagi ke calo. Sumpah itu birokrat brengsek! Kita bayar masing-masing 250 terus dinaikin ke bis yang bukan ke Jakarta. Tapi ke Solo, nah kita diturunin di tengah jalan Karanganyar, kita misah sama Mas Kadi, kita diturunin di agen bis lain sekitar jam 00.00, abis itu kita nginep di rumah agen itu. sampe jam 11 siang, abis itu kita bayar 3rb lagi abis itu kita dinaikin ke bis yang ke Pekanbaru Sumatera, eh gataunya Mas Kadi nyelipn uang 100rb di kantong kiri celana gue waktu gue tidur. Subhanallah, baru kali ini ketemu orang kayak Mas Kadi.

26 Juni
-Jam 12an kita naik bisa yang arah ke pekanbaru dengan kondisi uang 100rb 1 lembar.
-Di jalan kita banyak banget berenti buat nyari penumpang lain. Tapi berenti makannya 2 kali, dan kita cuma makan 1 kali. Uangnya ga ada boss. -_-

27 Juni
-Sekitar jam 8 kita udah masuk Jakarta, terus jam 9 kita malah diturunin Gerbang Tol Jatibening, padahal dijanjiinnya di Pulo Gadung. Emang brengsek tuh calo-calo.
-Gue sms mama, minta jemput katanya naik taksi aja, yaudah kita naik taksi.
-Yaudah, kita nganterin Irun dulu di Pejaten, abis itu Dariant di Kalibata, terakhir gue, taksi tariff bawah 85 ribu.
-Dan hasilnya gue punya utang 300rb sama Dariant buat transport pulang.

Wah, pokoknya itu salah satu pengalaman terhebat dalam hidup gue, gue gabakal lupa. Ada satu kalimat yang selalu gue ucapin waktu di lereng Semeru mau ke puncak:

"Push Beyond The Limit"

Kalo Dariant:

"No one says this was easy"

Tapi overall alhamdulillah banget, pertama kalinya gue naik gunung, eh langsung bisa nyampe puncak. Di sana gue belajar satu hal yang penting banget menurut gue, "Tekad bisa ngalahin apapun. Dengan Tekad, you can do everything"

In short, Mahameru itu recommended, di luar keindahannya yang subhanallah banget, dia bukan untuk ditaklukkan tapi untuk diperjuangkan. Dan dia mengajarkan banyak hal, tekad, usaha, kerja keras, semangat, pantang menyerah, dan banyak lagi.

Dokumentasi:

@ Ranu Kumbolo, bersama pendaki lain
Bunga es @ Ranu Kumbolo
@ Pos Ranu Pani, after pendakian with Mas Kadi
"Berbagi Waktu Dengan Alam, Kau Akan Tahu Siapa Dirimu Yang Sebenarnya"
==>Gie(Eross Sheila On 7)<==

1. RALATT !!!
    1. suruh nambahnya 20 rebu satu orang jadi 3 orang 60 rebu.
    2. jatah makan di jalan cuma 40 rebuan dari mas kadi,

3. kata lengkapnya quote gue di lereng,
    no one says this was easy, but yet hare i am,

4. emm kayanya foto fotonya butuh di copyrights deh :P :P :P

2. Jadikan pengalaman pertama sebagai cambuk langkah berikutnya, dan teruskan langkah utk mengejar mimpi, krn dg mimpi hidup terasa ada arti.

3. Ya Allah... pengen banget muncak, tapi anak satu2nya cewek lagi hhh....
    But, Keren! :)

Thanks for stalking and commenting! :D

(I am really sorry for your inconvenience due to comments moderation. It is notable for me to deliver responses. Your understanding is really appreciated.)

"Ketika kamu mampu mencintai tanpa alasan, suatu saat nanti kamu pasti juga akan mampu meninggalkan tanpa alasan" "Bermain-mainlah dengan imajinasi, bermain-mainlah dengan mimpi" "Lebih baik diasingkan daripada harus menyerah pada kemunafikan" "Bermimpilah setinggi angkasa. Jika kau kelak jatuh, kau akan terbaring bersama bintang-bintang" "You have no rights to judge my way unless you've walked my path" "Aksi memang tidak selalu menjanjikan perubahan, tetapi tanpa aksi tidak akan pernah ada perubahan"