Thursday 10 May 2012

Berlin vs Law UI?

Brandenburger Tor versus Law Faculty of University of Indonesia

Diantara Keinginan dan Kenyataan                     


Assalamu'alaikum, guys! Alhamdulillah banget yah masih bisa posting setelah udah lama gue gatau mau posting apa. Kangen ga sama gue? Pokoknya harus kangen ya! :p

Jadi sekarang gue mau cerita tentaaang.....................................................mimpi.
*mimpi gue sih tepatnya.*

Udah baca tentang janji gue sama sahabat gue kalo kita bakal kuliah di Jerman kan? Kalo belum, yuk baca dulu disini. Atau lo bisa baca di page Biography gue. Nah, gue udah Ujian Nasional kan, dan sekarang saatnya bertempur buat nyari tempat kuliah. Tapi dalam batin gue masih terjadi pertempuran yang mahadahsyat. Gue galau antara mau mempertahankan mimpi gue untuk lanjut kuliah ke Jerman atau ikut kata ortu gue yang maunya gue kuliah di Indonesia aja.

Nah, ternyata sekarang gue juga beralih haluan dari Psikologi ke Hukum, sama-sama rumpun IPS tuh, emang dasar IPA murtad sih gue(IPA murtad-istilah yang gue tau dari Kak Sakti, pengajar Geografi di BTA8).
Mungkin lo bakal nanya, kenapa sih gue ngotot banget mau lanjut ke Jerman. Gini ceritanya......

Berawal dari rasa iri gue ke temen-temen gue yang udah pernah jalan-jalan ke luar negeri, entah itu Malaysia, Australia, China, Amerika, Singapore, pokoknya macem-macem deh, sedangkan gue? Paling jauh Bali, men. Itu kalo sekolah ga ngadain 'study tour' ke Jogja-Malang-Bali, gue gayakin gue bakal bisa keluar Pulau Jawa. Gue iri banget deh, iri se iri-irinya orang kali tuh. Terus iri gue makin jadi waktu tau ada beberapa temen gue yang sekarang udah kuliah di luar negeri, dan ada yang udah fix bakal kuliah di luar negeri, ada yang ke Malaysia, Australia, bahkan Amerika, beh! Gila! Orang-orang udah muter-muter Bumi sedangkan gue? Cuma nge-stuck di sini-sini doank! Tebet-Manggarai-Tebet-Manggarai, udah aja idup gue ngulang terus kayakn gitu. 12 tahun gue sekolah di Tebet, dari SD sampe SMA. Haduh, parah deh gue. Umur orang biasanya berapa sih? Ambil umur standar aja deh, 60. Artinya gue udah ngabisin 28% hidup gue nge-stuck disitu-situ aja!

Udah gitu, ditambah lagi sama gue yang udah muak dan frustasi karena kayaknya gue terlalu dimanjain sama ortu. Belum lagi kalo lagi dimarahin, gue benci kalo ada kata-kata, "masih sama orangtua aja udah sombong", kalo ga "anak gapernah kerja gitu tuh", pokoknya yang setipe gitu deh, gue benci sebenci-bencinya! Argh! Gue mau buktiin ke mereka kalo gue juga bukan seperti apa yang mereka pikirin, come on, gue ga akan selalu bareng mereka kan? Suatu saat gue bakal  punya kehidupan sendiri. Kalo gue terus dimanjain kapan gue bisa belajar survive? Padahal mama pernah bilang kalo dia gamau kalo sampe gue gabisa ngebantu diri gue sendiri saat berhadapan dengan dunia yang sebenarnya nanti. Tapi kapan gue belajar survive kalo semuanya masih serba harus gini, harus gitu. Bayangin kalo gue kuliah di Indonesia, dan pilihan yang paling logis adalah UI karena bokap emang maunya gue disana, selain bagus, UI juga ga terlalu jauh dari rumah, kuliah Hukum paling cepet 4 tahun, artinya sampe umur 21(35%) gue bakal tinggal di rumah ortu dan gue gabakal bisa buktiin ke mereka kalo gue bisa survive sendiri.

Kenapa sih harus Jerman? Setelah gue berburu informasi, disana tuh biaya kuliahnya murah, dan itu bisa ketutup dengan lo kerja part-time sebulan. Artinya dengan gue kerja aja, udah bisa nutup biaya kuliah sendiri. Soal biaya akomodasi+biaya hidupnya insyaAllah juga bisa ketutup dari situ kalo gue kerja lebih keras, yah walaupun itu cuma nutup makan doank, itupun mungkin cuma sekedar makan yang skala warteg lah kalo di Indonesia. Tapi dengan gue kesana, seenggaknya kesempatan gue lebih gede buat bisa buktiin kalo gue ga manja dan gue juga bisa hidup tanpa nyusahin mereka. 

So far sih excuse mama selalu soal dana, ya emang dana awalnya gede banget sih, nyampe 150an juta lah. Tapi itu juga cuma sekali doank dikeluarinnya, kalo gue udah nyampe sana insyaAllah gue bisa menghidupi diri gue sendiri, kayak Sandhy Sondoro. Dan gue pikir 150 juta masih harga yang wajar buat kuliah di luar negeri, soalnya kalo di Amerika jauh banget lebih mahal dari itu. Dan Jerman bukan negara yang bisa disepelein buat masalah edukasi gitu kan.

Dan masalah terbesar gue adalah, gue gaberani ngungkapin itu semua. Entah kenapa gue takut nerima kenyataan. Gue takut kecewa lagi kayak waktu gue bilang gue mau lanjut SMA di Tarnus yang secara implisit ditolak sama bokap gue. Gue takut impian gue hancur lebur lagi kayak dulu. Dan kayaknya gue belum siap buat hancur lebur lagi. Ah gue gangerti, gue bingung banget. Gue gamau impian gue kandas, tapi gue juga belum siap untuk secara eksplisit ngejelasin maksud gue. Damn! Coward banget ya gue.
Tapi gue janji, gue akan ngejelasin maksud gue bulan ini juga. Kalo kata Sayyidina Ali, 


"Kejelasan jauh lebih ringan daripada harus menanggung beban tanya yang kunjung tak berjawab"

No comments:

Post a Comment

Thanks for stalking and commenting! :D

(I am really sorry for your inconvenience due to comments moderation. It is notable for me to deliver responses. Your understanding is really appreciated.)

"Ketika kamu mampu mencintai tanpa alasan, suatu saat nanti kamu pasti juga akan mampu meninggalkan tanpa alasan" "Bermain-mainlah dengan imajinasi, bermain-mainlah dengan mimpi" "Lebih baik diasingkan daripada harus menyerah pada kemunafikan" "Bermimpilah setinggi angkasa. Jika kau kelak jatuh, kau akan terbaring bersama bintang-bintang" "You have no rights to judge my way unless you've walked my path" "Aksi memang tidak selalu menjanjikan perubahan, tetapi tanpa aksi tidak akan pernah ada perubahan"