Friday 8 February 2013

10 Wasiat Imam Syahid Hasan Al-Banna

Imam Asy-Syahid Hasan Al-Banna

1. Jika Anda mendengar azan segeralah lakukan salat walau bagaimanapun kesibukan Anda.

2. Bacalah Al-Qur’an, lakukan pengkajian, dengarlah pengajian atau berzikirlah. Jangan sia-siakan waktu Anda untuk persoalan yang tidak berguna.

3. Berusahalah membiasakan berbicara dengan bahasa Arab standar (fusha) karena bahasa Arab standar merupakan salah satu syi’ar Islam.

4. Jangan memperbanyak perdebatan dalam semua urusan walau bagaimanapun keadaanya, sebab pertengkaran itu tidak akan mendatangkan kebaikan.

5. Jangan banyak tertawa karena orang yang selalu berhubungan dengan Allah bersifat tenang dan selalu serius.

6. Jangan banyak bergurau sebab ummat yang berjihad hanya mengenal keseriusan.

7. Jangan bersuara keras melebihi yang diperlukan pendengar karena hal itu selain menyakitkan juga termasuk perbuatan bodoh.

8. Jangan mengumpat seseorang, jangan merendahkan lembaga-lembaga Islam dan jangan berbicara kecuali dalam kebaikan.

9. Berkenalanlah dengan saudara dan teman-teman yang Anda jumpai, meskipun Anda tidak dimintai memperkenalkan diri. Sebab dasar dakwah kita adalah kasih sayang dan persaudaraan.

10. Kewajiban itu lebih banyak dari waktu yang Anda miliki. Maka bantulah orang lain supaya memanfaatkan waktunya. Kalau Anda berurusan, persingkatlah pelaksanaanya.

No comments:

Post a Comment

Thanks for stalking and commenting! :D

(I am really sorry for your inconvenience due to comments moderation. It is notable for me to deliver responses. Your understanding is really appreciated.)

"Ketika kamu mampu mencintai tanpa alasan, suatu saat nanti kamu pasti juga akan mampu meninggalkan tanpa alasan" "Bermain-mainlah dengan imajinasi, bermain-mainlah dengan mimpi" "Lebih baik diasingkan daripada harus menyerah pada kemunafikan" "Bermimpilah setinggi angkasa. Jika kau kelak jatuh, kau akan terbaring bersama bintang-bintang" "You have no rights to judge my way unless you've walked my path" "Aksi memang tidak selalu menjanjikan perubahan, tetapi tanpa aksi tidak akan pernah ada perubahan"